e-Jurnal Sastra Apero Fublic adalah jurnal kesusastraan yang dimiliki oleh Apero Fublic Sebagai Laman Publikasi Dunia Sastra.

Sabtu, 09 Mei 2020

Syarce. Ayo Membaca

Jurnal Apero Fublic.- Membaca adalah metode belajar yang paling efektif untuk mengembangkan pola pikir dan menambah pengetahuan. Begitulah kata seorang guru ku di sekolah. Sedangkan menurut ayahku. Selama apa pun orang duduk di bangku pendidikan.

Mulai dari Taman Kanak-Kanak sampai Perguruan Tinggi, baik itu strata satu sampai strata tiga. Kalau dia tidak suka membaca. Maka orang itu tidak akan menjadi pintar dan tidak akan menjadi apa-apa.

Dia hanyalah menumpuk lembaran ijazah di dalam lemari-nya. Oleh karena itu aku sekarang suka membaca buku. Membaca apa pun yang penting baik untuk dibaca. Kalau kamu mau menjadi penulis maka kamu harus banyak membaca.

AYO MEMBACA

Wahai guru ku
Bagaimana caranya menjadi cerdas
Apa yang digalakkan agar pandai
Apalah caranya menjadi pintar

Duhai guru ku
Aku ingin jadi cerdas
Aku hendak menjadi pandai
Aku mau menjadi pintar
Se-pandai Bung Karno
Sehebat Bung Hatta

Guruku, menjawab
Kalaulah hendak sepandai Bung Karno
Atau mau sehebat Bung Hatta
Tiada yang paling banyak
Tiada yang paling sering dibuat kedua
Mematuhi firman Allah
Pada ayat yang pertama, Iqro
Rajin-rajinlah membaca
Suka-sukalah belajar

Ayo kawan kita rajin membaca
Membaca itu adalah ibadah
Karena perintah Allah yang pertama
Difirmankan pada baginda nabi, Rasulullah.

Ayo kawan kita membaca
Masih kecil baca dongeng saja
Agar gembira juga terhibur
Waktu berlalu, membaca jadi kebiasaan

Ayo kita membaca
Mari kita jadi pandai.

Oleh. Aziz Rahman Syafiih.
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra
Tanjung Karang, 5 Mei 2020.
Terima kasih saya ucapkan yang sebesar-besarnya pada Jurnal Sastra Apero Fublic. Telah bersedia menerima syarce atau syair cerita dari saya. Tentu banyak kekurangan dan perbaikan disana sini. Semoga editornya tidak bingung mengeditnya.

Tulisan ini telah memberikan motivasi bagi saya dalam belajar dan menulis. Sekaligus sebagai penghibur di musim pandemi virus korona. Dimana berada dirumah diwajibkan. Tentu tulisan ini hal yang sulit bagi anak kelas delapan seperti saya.

Oh, iya buat teman-teman yang mau belajar menulis dan suka menulis. Kirimkan saja tulisan kamu jangan malu dan takut. Karena karyamu adalah hal yang berharga. Jangan sampai hanya tertulis di kertas atau buku. Nanti kamu bakar dan karyamu hilang. Kirim ke email redaksi fublicapero@gmail.com atau duniasastra54@gmail.com.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Posting Komentar