Humaniora

Humaniora
Publish Your Articles in the Journal Apero Fublic of Humaniora

Surat Kita. Jangan Rusak Sumber Penampungan Air Alam

Surat Kita. Jangan Rusak Sumber Penampungan Air Alam
Share
JAF. HUMANIORA.- Sumber air adalah hal terpenting dalam kehidupan bumi. Padang pasir dapat berubah menjadi subur apabila tersiram air. Sumber daya air dapat terjaga dan dapat juga hilang. Tergantung pada keadaan ekosistem yang ada. Apabila memenuhi syarat menghilang, maka sumber air akan menghilang.

Misalnya mata air dari kawasan pegunungan. Ketika hutan-hutan habis di pegunungan. Saat itu juga perlahan-lahan air juga mengering. Hal demikian menunjukkan kalau sumber air dapat hilang dan dapat dijaga.

Teruntuk Kita Semua
Di Mana Saja Berada.

assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.
Saudara saudari dimana saja berada. Hari ini aku mengirim pesan pada kita semua. Kita hidup di kawasan tropis yang banyak hujan-nya. Banyak sungai-sungai dan danau-danau. Tapi hal demikian janganlah kita menjadi lalai. Merasa tidak peduli dengan keadaan lingkungan kita.

Hal yang mendesak sekarang adalah. Keadaan iklim dan cuaca yang tidak menentu lagi. Entah apa sebabnya, tapi kita tidak perlu terlalu memikirkan sebabnya. Sehingga kita lupa apa yang harus kita perbuat.

Saudara-saudariku dimana saja berada. Aku memperhatikan ekosistem alam kita semakin rusak. Terutama tempat-tempat penampungan air alami. Semua mulai ditimbun, tertutup erosi, tertutup abrasi, dan tertutup sampah. Sehingga tempat-tempat penampungan air bersih semakin sedikit.

Penampungan air nantinya hanya tinggal sungai besar saja. Sehingga saat hujan akan terjadi banjir besar. Kemudian saat kemarau akan terjadi kekeringan. Polah hujan akan berubah, sebab penguapan air tidak lagi merata. Perlahan tanah-tanah kita yang subur akan menjadi gersang.

Saat tanah gersang, maka kehidupan akan sulit. Banyak tumbuhan yang mati dan diikuti hewan-hewan. Tidak mustahil saat terjadi kemarau panjang, kita manusia juga akan mati.

Mari saudara-saudariku kita selamatkan tempat sumber air dan tempat penampung air alam. Mulai dari sungai-sungai, danau, lebung, benca, bencani, tebat, lubang-lubang, paya-paya, rawa-rawa, dan kawasan renah. Selamatkan tempat penampungan air, demi kehidupan anak cucu kita kemudian hari. Mulailah peduli, dan mengertilah.
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.

Dari. Ade Rahmadhania.
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang, 16 Juni 2020.
Buat sahabat-sahabat yang ingin mengirim kesastraan surat kita. Dapat mengirimkan ke Jurnal Sastra Apero Fublic atau Apero Fublic melalui email redaksi fublicapero@gmail.com  atau duniasastra54@gmail.com.

Surat kita adalah jenis karya sastra yang merujuk sebuah surat. Ditulis seakan-akan surat yang sesungguhnya. Tujuan dan sasaran bersifat abstrak dan dipublikasikan melalui media. Media cetak atau media internet.

Sy. Apero Fublic.

0 Response

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel